Lipid adalah

Lipid memiliki fungsi utama dalam sel yaitu sebagai komponen struktural di membran sel. Perubahan komposisi zat ini dapat mengakibatkan berbagai kelainan saraf. Hal ini karena sebanyak atom hidrogen yang mungkin dapat terikat pada atom karbon dalam molekul ini.

Jenis-jenis Lipid dan Fungsinya

Penerbit Erlangga. Lapis ganda lipid smfipatik ini adalah struktur dasar pada membrane biologis. Rantai karbon, biasanya dengan panjang antara empat hingga 24 karbon, [10] dapat bersifat jenuh maupun tak jenuhdan dapat berikatan dengan gugus fungsi yang mengandung oksigenhalogennitrogendan belerang.

Poedjiadi, A. Lipid sterol[ sunting sunting sumber ] Lipid sterolseperti kolesterol dan turunannya, adalah komponen penting dalam lipid membran, [33] bersama dengan gliserofosfolipid dan sfingomielin.

Estranes, androstranes, dll Terpen mayoritas ditemukan pada tumbuhan. Terdapat badan keton dengan jumlah tinggi menunjukkan Ketonemia. Bahkan, satu gram lemak lebih dari dua kali energi sebanyak satu gram polisakarida seperti pati. Molekul asam lemak tak jenuh memiliki 10 atom hidrogen, atau kekurangan dua dari jumlah maksimum yang mungkin.

Sifat lipid yang amfifilik ini memungkinkan lipid membentuk struktur seperti vesikula atau membran dalam suatu cairan.

makalah Tentang matabolisme lemak / Lipid (Lengkap)

Atom karbon belakangnya terikat satu sama lain melalui ikatan ganda dan dapat terjadi dalam konfigurasi cis atau trans. Keduanya lemak dan minyak terdiri dari rantai panjang yang disebut asam lemak, yang dapat jenuh atau tidak jenuh.

Metabolisme lipid

Steroid Steroid adalah kelompok besar lainnya dari lipid. Asam lemak jenuh Asam lemak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung ikatan tunggal pada rantai hidrokarbonnya.

Steroid karbon C18 meliputi keluarga estrogensementara steroid C19 terdiri dari androgen seperti testosteron dan androsteron.

Lipid seperti lilin waxlemak, minyak, dan fosfolipid adalah ester yang jika dihidrolisis dapat menghasilkan asam lemak dan senyawa lainnya termasuk alkohol. Kilomikron dan VLDL pertama-tama di metabolisasi melalui hidrolisis dengan enzim lipoprotein lipase di dalam jaringan ekstrahepatik.

Hal ini disebabkan karena putusnya ikatan rangkap dalam komponen asam lemak tak jenuh membentuk aldehid dengan BM rendah 2. Dua lapisan molekul fosfolipid membentuk membran sel makhluk hidup. Trigliserida terbentuk dari 3 asam lemak dan gliserol.Metabolisme lipid adalah sintesis dan degradasi lipid dalam sel, yang melibatkan pemecahan atau penyimpanan lemak untuk energi.

Lemak ini diperoleh dari mengonsumsi makanan dan menyerapnya atau disintesis oleh hati hewan. Lipogenesis adalah proses mensintesis lemak ini. Istilah lipid sering disinonimkan dengan lemak, meskipun lemak adalah subgroup lipid yang disebut trigliserida (trigliserol).

Lemak terbentuk dari satu gliserol yang mengikat 3 asam lemak. Lemak. Lemak adalah molekul besar yang terdiri dari tiga molekul asam lemak terikat pada molekul gliserol. Molekul asam lemak rantai panjang atom karbon kovalen terikat dengan ikatan nonpolar untuk atom hidrogen sepanjang rantai karbon dengan gugus karboksil melekat pada salah satu ujung.

Sebutkan 4 Contoh Lipid dan Fungsi Lipid

Lipid adalah salah satu dari empat kelompok utama molekul organik; tiga lainnya menjadi protein, asam nukleat (DNA), dan karbohidrat (gula).

Lipid terdiri dari unsur-unsur yang sama seperti karbohidrat: karbon, hidrogen, dan oksigen.

Pengertian dan klasifikasi lipid

Metabolisme lipid adalah suatu proses pencernaan, penyerapan, transportasi, penggunaan dan ekskresi lipid di dalam tubuh mahkluk hidup. Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).Author: Anysweeties.

Lipid adalah isolator listrik dari akson neuron yang ditutupi berulang-ulang oleh membran plasmatic sel Swann, dalam sistem saraf perifer, dan oligodendrocytes di sistem saraf pusat; membran plasmatic ini memiliki kandungan lipid yang lebih besar daripada sel lainnya.

Makalah Lipid

Lapisan lipoprotein ini .

Lipid adalah
Rated 4/5 based on 99 review